Tips Menggunakan Rumus SUM, AVERAGE, MIN, MAX, COUNT Pada Microsoft Excel


Selamat siang sobat blogger csu, kali ini csu akan share tentang Rumus AVERAGE, MAX, MIN, COUNT dan SUM pada Excel. Rumus tersebut merupakan rumus dasar pada Microsoft Excel yang tersedia dalam tombol perintah AutoSum pada Tab Formula di Ribbon. Berikut kegunaan rumus-rumus diatas
 Fungsi / Rumus Excel
 Kegunaan
 Sum
 Rumus untuk menjumlahkan data-data/total data
 Average
 Rumus untuk menghitung nilai rata-rata (mean)
 Max
 Rumus untuk menampilkan nilai data terbesar
 Min
 Rumus untuk menampilkan nilai data terkecil
 Count
 Rumus untuk menghitung banyaknya sel pada range
CATATAN PENTING: Penggunaan koma (,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan konfigurasi bahasa / language pada komputer kita.
A. Cara Menggunakan Rumus Dasar Excel
Berikut sistematika atau format baku penulisan Formula Excel
Sistematika Formula Rumus Excel untuk menghitung 1 range
Untuk membuat formula hanya untuk menghitung 1 range dapat diformulasikan sebagai berikut
=rumus(Alamat-Sel-Range)

Misalkan untuk menghitung jumlah nilai dari sel A1 sampai B7 didapat formula
=sum(A1:B7)

Sistematika Formula Rumus Excel untuk menghitung banyak range / Sel
Untuk membuat formula yang menghitung lebih dari satu range atau sel dapat diformulasikan sebagai berikut
=rumus(range1,range2,…,rangeN)

Misalkan untuk menghitung nilai rata-rata dari range A1:B7 dan E1:F7 didapat formula
=AVERAGE(B1:C7,D1:G7)

Misalkan menghitung nilai maksimum sel A1 B3 C6
=MAX(A1,B3,C6)

Sistematika Formula Rumus Excel untuk menghitung range / sel dan angka
Untuk membuat formula yang menghitung range / sel dengan angka, Kita cukup menambah angka didalam kurung dipisahkan dengan tkita koma pada formula.
=rumus(range1,range2,…,rangeN,Angka1,Angka2,…)

Misalkan akan dihitung nilai rata-rata dari range A1:A7 dan angka 10
=AVERAGE(A1:A7,10)

B. Contoh Penggunaan Rumus Dasar Pada Microsoft Excel
1. Fungsi SUM
Terlebih dahulu buatlah data seperti berikut pada Microsoft Excel
Format Excel
Kemudian lakukan langkah dibawah ini untuk melakukan Fungsi SUM
Penggunaan Fungsi SUM

1. Fungsi AVERAGE
Dengan menggunakan data diatas berikut contoh penggunaan rumus / fungsi AVERAGE
Penggunaan Fungsi AVERAGE

2. Fungsi MIN dan MAX
Fungsi MIN digunakan untuk menghitung nilai minimum dan MAX untuk menghitung nilai maksimum. Berikut kita contohkan penggunaannya
Penggunaan Rumus atau Fungsi Min dan Max

3. Fungsi COUNT
Fungsi count berfungsi untuk menghitung banyaknya data. Dari data diatas misal kita ingin mengetahui berapa banyak data pada range C3:F5 dilakukan dengan cara berikut
Penggunaan Rumus atau Fungsi Count
Oke sobat blogger csu, sekian tambahan ilmu tentang Menggunakan Rumus SUM, AVERAGE, MIN, MAX, COUNT Pada Microsoft Excel, semoga menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat dan barokah, jangan lupa untuk share jika memang dibutuhkan, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Menggunakan Rumus SUM, AVERAGE, MIN, MAX, COUNT Pada Microsoft Excel"

  1. ituDewa Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ

    | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen

    OMAHA | Agen Super Ten


    Game Yang Tersedia Di ituDewa

    -Poker
    -Domino
    -Ceme
    -Ceme Keliling
    -Capsa
    -SUPER 10
    -OMAHA

    Alasan Mengapa Agan Agan Harus Bermain Di ituDewa

    - Minimal Deposit Rp.25.000,-
    - Banyak Promo Menarik
    - Minimal Withdraw Rp.50.000,-
    - Bonus Cashback Hingga 0.3%
    - Bonus Refferal 20% (10% + 10%)
    - Proses Deposit Dan Withdraw Yang Super Cepat
    - Situs Yang Memiliki Minimal Deposit Paling Terjangkau,Hanya Sebesar Rp.25.000

    DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR

    ITUDEWA



    Line: ituDewa
    WeChat : OfficialituDewa
    Pin BBM : 7B24AAD8
    Telp / WA : +85511251182
    Livechat : ItuDewa

    Livechat

    ReplyDelete